Bupati Tapanuli Utara Pimpin Rapat Apkasi tentang Pengalihan Kewenangan di Bidang Mineral

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi selaku Ketua Bidang Pemerintahan dan Pendayagunaan Aparatur, pimpin Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi selaku Ketua Bidang Pemerintahan dan Pendayagunaan Aparatur, pimpin Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Rakernas berlangsung di Sekretariat Apkasi, Gedung Sahid Sudirman Center Lantai 21, Jalan Jend. Sudirman Kav. 86, Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Ada pun rapat itu merupakan tindak lanjut pembahasan sebelumnya yang berlangsung pada tanggal 18 Juni 2022 lalu di Bogor. Yakni, tentang dampak negatif pengalihan kewenangan di bidang mineral dan batu bara (minerba) ke pemerintah pusat. Di mana sebelumnya adalah kewenangan pemerintah provinsi.

Dampak negatif yang ditimbulkan dengan tidak diberikannya kewenangan di bidang minerba kepada pemerintah kabupaten/kota antara lain, bertambahnya beban pemerintah kabupaten dalam menanggulangi dampak negatif dari pertambangan mineral dan batu bara tanpa diberi kewenangan dalam menerbitkan izin.

Juga tidak adanya kewenangan tersebut, mengakibatkan bertambahnya tambang ilegal. Serta sulit bagi pemerintah kabupaten untuk ikut dalam pencegahan kerusakan ekosistem dan mengontrol di wilayah pertambangan.

Dalam rapat tersebut turut hadir Prof M Ryaas Rasyid MA PhD (Penasehat Apkasi). Juga, Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang, Herman N Suparman. Hadir juga anggota KPPOD (Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah), Bupati Bone Bolango H Hanim Pou SKom MH. Serta perwakilan pemerintah daerah.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment